Bogor - Selasa, 18 November 2025. MTs Negeri 3 Bogor melaksanakan kegiatan Audit Kinerja selama empat hari, mulai Senin hingga Kamis, yang dihadiri oleh enam anggota tim auditor dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama (Itjen Kemenag). Para auditor berasal dari berbagai daerah, salah satunya dari Depok, dan hadir untuk melakukan pemeriksaan kinerja madrasah secara menyeluruh. Audit berlangsung intensif dan profesional, dengan penelaahan yang sangat teliti serta mendalam terhadap seluruh aspek tata kelola dan mutu layanan pendidikan.
Ruang lingkup audit mencakup pemeriksaan tata kelola keuangan madrasah, peninjauan sarana ruang kelas yang diukur dan disesuaikan dengan rasio peserta didik, evaluasi ruang perpustakaan, laboratorium IPA, laboratorium komputer, kegiatan ekstrakurikuler, implementasi kurikulum, kinerja pendidik, pengembangan diri pendidik, hingga prestasi yang diraih oleh para pendidik. Setiap komponen ditelaah secara detail untuk memastikan tingkat kepatuhan dan kualitas pelaksanaannya.
Untuk memfokuskan kerja pemeriksaan, tim auditor terbagi dalam dua lokal, yaitu Lokal 1 di ruang Pusat Pelayanan Satu Pintu (PTSP) yang ditempati dua auditor, serta Lokal 2 di ruang Kepala Madrasah yang ditempati empat auditor. Selama audit berlangsung, seluruh proses berjalan komunikatif dan kondusif. Para pendidik dan tenaga kependidikan turut memberikan dukungan penuh dengan menyajikan dokumen, memberikan klarifikasi, dan menjelaskan pelaksanaan program secara transparan.
Kepala MTs Negeri 3 Bogor menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan audit ini. “Kehadiran auditor Itjen Kemenag sangat berarti bagi kami. Audit kinerja ini menjadi momentum evaluasi menyeluruh untuk meningkatkan tata kelola madrasah. Temuan dan rekomendasi yang diberikan akan kami jadikan pijakan dalam memperkuat mutu layanan serta meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peserta didik,” ujarnya.
Melalui audit yang dilaksanakan secara detail dan profesional ini, MTs Negeri 3 Bogor berharap dapat memperkuat akuntabilitas, meningkatkan efektivitas pengelolaan madrasah, serta semakin mengokohkan komitmen dalam memberikan layanan pendidikan terbaik bagi peserta didik dan masyarakat. (SS)